Minggu, 14 Agustus 2011

Prospek masuk jurusan kedokteran gigi

"apa sih hebatnya jadi dokter gigi? kan masih lebih hebat jadi dokter umum,lebih terpandang dan lebih dihormati orang-orang ". Tak dapat disangkal lagi,pikiran-pikiran seperti itu pasti muncul di setiap calon mahasiswa yang masih galau memilih jurusan mereka. Disini saya,selaku mahasiswa Pendidikan Dokter Gigi Universitas Brawijaya,bakal memberikan gambaran sedikit banyak masalah perkuliahan dan prospek menjadi seorang dokter gigi.
bu dokter gigi :D

apa itu kedokteran gigi?

memang kuliah di kedokteran gigi tidak akan membahas seluruh bagian anatomi (tubuh) manusia. Tapi kenyataannya tidak semudah itu. bidang garapan kedokteran gigi ini memerlukan penanganan khusus. Dan gigi-mulut pada kenyataanya bisa berkaitan dengan organ tubuh yang lain (contoh : menyikat gigi dapat mengurangi resiko serangan jantung).

apa saja ilmu yang dipelajari di kedokteran gigi ?

pada dasarnya ilmu di kedokteran gigi dibagi menjadi 4 kelompok,yaitu : ilmu kedokteran gigi dasar,ilmu kedokteran gigi kuratif,ilmu kedokteran gigi rehabilitatif,ilmu kedokteran gigi pencegahan

-ilmu kedokteran gigi dasar : segala hal dasar mengenai ilmu kedokteran,seperti anatomi,farmakologi,histologi,radiologi,dll
-ilmu kedokteran gigi kuratif : mempelajari bagaimana kita menyembuhkan penyakit-penyakit terkait dengan kesehatan gigi dan mulut
-ilmu kedokteran gigi rehabilitatif : mempelajari lengkung gigi,memperbaiki gigi yang miring (yaa,,berkaitan dengan estetika sebenarnya)
-ilmu kedokteran gigi pencegahan (preventif) : berkaitan dengan ilmu kesehatan masyarakat dan ilmu kesehatan gigi anak.

berapa lama sih kuliah di kedokteran gigi?
kalau di Univ. Brawijaya sih 7 semester di bangku kuliah,dan diterusin 3 semester lagi di klinik. Jadi kalau ditotal bakal jadi 10 semester atau kurang lebih 5 tahun-an.

naah,,apa sih prospek dan untungnya jadi dokter gigi ?
yang pertama sih buat mencari pahala,secara kita ini nantinya bakalan nyembuh-nyembuhin temen cila yang sakit #eh.
yang kedua,secara logika,finansial dokter gigi bisa jauh lebih kuat dari dokter umum. sekali pemeriksaan kesehatan gigi umum saja bisa 100ribu/pasien. sedangkan untuk penanganan lebih khusus (seperti tambal gigi dan perawatan lain seperti akar gigi) bisa mendapatkan rata-rata 300rb/pasien.
kedua poin diatas akan berbanding terbalik,kita akan mendapat pahala banyak kalo kita tidak komersil,dan akan mendapat uang banyak jika kita menyampingkan masalah sosial..:)

semoga sedikit tulisan diatas bisa menjadi pertimbangan adik-adik sekalian yang berminat kuliah di kedokteran gigi.serta dapat menjawab pertanyaan bahwa dokter gigi juga gak kalah benefit dan hebat ketimbang dokter umum.
penutup,kedokteran gigi sangatlah berbeda dengan kedokteran umum. Jadi kalau gak ketrima di kedokteran umum,jangan dipaksa untuk masuk ke kedokteran gigi. Tapi apapun pilihannya minumnya teh botol kosong.:p
sekian.wassalamualaikum wr.wb

30 komentar:

  1. tapi bagaimana jika seorang cowo masuk di fkg ? bagaimana prospekkedepannya ? apakah cukup hanya s1 FKG ? apakah itu akan memenuhi kebutuhan keluarga nanti ? sedangkan kalau dilihat dari pasien yang datang ke drg itu rata rata 1orang per hari
    tolong dijawab ya kaka

    BalasHapus
    Balasan
    1. cukup kok untuk memenuhi kebutuhan keluarga. jika ada kemauan pasti ada hasil. berdoa saja, insyaAllah kalo kita yakin terhadap apa yang kita jalanin pasti akan berhasil.
      cowok masuk fkg? jarang banget loh cowok yang masuk fkg, itu akan menjadi sesuatu yg sangat wah men! ya, intinya sih jalanin aja dulu. kalo emang gak kuat ya, segera pindah jurusan mumpung masih tingkat 1. kalo udah tingkat 2 mau ngulang rasanya kelamaan hehe. btw jangan salah di rumah sakit deket rumah gue seorang dokter gigi bisa menangani lebih dari 15 pasien perhari loh. selain itu dokter gigi juga bisa merangkap jabatan sebagai dokter umum. kemudian kalo takut kebutuhan tidak terpenuhi, coba deh kan bisa paginya praktik di rumah sakit sorenya praktik di klinik.
      mungkin sedikit membantu mas wildan yang sedang galau, terima kasih :)

      Hapus
    2. merangkap jadi dokter umum itu gmna ya kak ? tolong di jelaskan makasih :) aku juga lagi galau nih

      Hapus
  2. tapi koas FKG banyak ngabisin duit, dan cari pasien untuk praktek koas sepertinya gak gampang :(

    BalasHapus
  3. ini jalur fkg beda kan sama jalur dokter umum ? apa harus daftar dokter umum dulu nanti baru ambil spesialis ? gima kak tolong jelasin -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. mf, saya mau coba jawab.. mbak sari, FKG itu dy berdiri sendiri .. kita bisa langsung mengambil FKG tanpa harus melalui FK .. tp d ked. gigi nya nanti bakal ada juga S2 khusus ked. gigi,...

      ked. gigi bukan S2 dari ked. umum,, ked. gigi masih stingkat S1,..

      smoga dpt membantu mbak sari

      Hapus
  4. 5 tahunan itu baru s1? untuk dokter gigi sebenarnya cukup dengan s1 saja atau bagaimana? setelah lulus kita akan langsung mendapat job atau harus menunggu sampai ada panggilan?

    BalasHapus
  5. saya calon maba di pendidikan dokter gigi univ. brawijaya, saya mau tanya , anatomi yg diajarkan itu anatomi ttg gigi saja atau menyeluruh?terus saya dengar di kedokteran gigi ada pelajaran mengenai forensik kelasnya gabung dengan kedokteran umum atau sendiri? Saya dengar dengan teman saya kalau anak kedokteran gigi itu banyak yang pengangguran,apakah harus ikut orang lain dulu atau menunggu panggilan dari rumah sakit?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk pelajaran kedokteran umumnya hanya hal yang mendasar saja, bisa dikatakan sekilas dan sekedar tau) itu di bahas di dalam 1 blok (setengah smester),, tapi .. materi ny walau mendasar,, tetep aja banyak stengah mati -,-

      di univ syiah kuala

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. kalau di FKG UNSYIAH spp nya berapa kak ?

      Hapus
    4. kalau di FKG UNSYIAH spp nya berapa kak ?

      Hapus
    5. kalau di FKG UNSYIAH spp nya berapa kak ?

      Hapus
    6. kalau di FKG UNSYIAH spp nya berapa kak ?

      Hapus
    7. Saya pengen banget pasang kawat gigi untuk merapikan gigi diastema saya. Tapi gak ada biaya lebih jika ke dokter ortho dan gak berani ke tukang gigi takut rusak. Saya lihat info di Google mending ke mahasiswa praktik kedokteran gigi ortho , aman soalnya ada yg awas in . Jadi pengen..
      Kalo ada info yaa ak mau ,
      Posisiku di Malang. Terimakasih

      Hapus
  6. Assalamu'alaykum
    saya juga ada membuat tulisan dengan tema yang sama,
    bagi yang tertarik, silahkan mampir

    http://corrinahepartinovsyiami.blogspot.com/2014/01/what-dokter-gigi.html

    terima kasih

    BalasHapus
  7. Asalamualaikum kx
    pelajaran2 yang dipelajari di fkg tue gimana sich kx, apa sama ama pelajaran dktr umum??
    and kalaw udah jadi dktr gigi apa bisa kerja dipemerintahaan atau dirumah sakit gtu???
    jawab yea kx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wslm, mf, saya mau coba jawab,, ^^

      Di ked. gigi kita juga mempelajari pljran ked. umum secara mendasar saja.. tidak detail2 amat,, lebih fokus ke ked. gigi.. baik itu penyakit nya (mulai dari bgm penyakit itu mulai, tanda-tandany, dan komplikasinya), pengobatan nya (obat-obat), maupun perawatan nya .. ada juga ttg behel, gigi palsu, dsb, pokoknya banyak deh! Walau di blg yg d pelajari masalah gigi, itu, banyak, banget!

      Hapus
  8. Kak kalo di kedokteran gigi alat2nya mahal dan harus punya ya? Maaf kalo boleh tau kira-kira berapa harganya?

    BalasHapus
  9. maaf kami ingin mencari informasi,apa saja yang depelajari di fkg? berapa uang awal masuknya? dan berapa spp nya ? mohon dijawab.

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Bismilahirrahmanirrahiim... Tunggu aku bntr lg akan nyusul kk ya kak.. Aamiin

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Kak kalau di ub pendidikan dokter gigi itu masuk fakultas kedokteran atau ada sendiri fakultas pendidikan dokter gigi ? Mohon di jwb ya kak, mksh 😊

    BalasHapus
  15. Kaa... please jawab pertanyaan aku. di PDG UB ketika lulus nnti mendapat gelar apa ka? Drg. Atau Spd ? Please jwb ka, soalnya aku bingung aku website lain yg blg berbeda2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sy bantu jawab ya,gelar sarjana bagi FKG dalah S.KG, dan dilanjutkan masa koas dan selelah sumpah dokter gigi nantinya dapat gelar Drg di depan nama.. FKG ada Pendidikan Dokter Gigi (S1), Dokter Gigi Spesialis (PPDGS), S2, S3. Jadi pas kita S1 masih bisa lanjut jenjang spesialis gitu.

      Hapus
  16. Kak saya mau nanya,kalau fkg di ub boleh buta warna parsial atau tidak?terimakasih

    BalasHapus
  17. Selamat pagi dok..Salam kenal dari kami

    Oh ya kalo membutuhkan Informasi Seminar Kedokteran Gigi bisa klik web http://dental.id

    BalasHapus